Pengertian Komunikasi bisnis dan manfaatnya

Komunikasi  bisnis memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis yang akan kita jalankan, apapun jenis bisnisnya.Tak heran jika Makalah komunikasi Bisnis,sering banyak di cari sebagai bahan pertimbangan dan pembelajaran. Karena memang berkomunikasi dalam bisnis merupakan faktor yang harus kita perhatikan dengan seksama dalam cara bisnis kita.
Untuk itu kali ini kita akan mengulas dengan lengkap tentang materi komunikasi bisnis,yang meliputi,definisi komunikasi bisnis,etika komunikasi bisnis,proses komunikasi bisnis dan tujuan komunikasi bisnis itu sendiri.

1.Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah merupakan pertukaran pendapat atau gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang di sajikan secara personal atau impersonal dengan simbol-simbol atau sinyal tertentu,yang di lakukan secara terus menerus.yang secara garis besar memiliki 6 unsur pokok.
  • tujuan 
Memiliki tujuan di sini dalam artian bahwa dalam berkomunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya yang sejalan dengan tujuan organisasi atau kelompok sehingga bisa di jalin kerja sama yang lebih baik.
  • pertukaran
Pertukaran dalam komunikasi bisnis minimal melibatkan 2 orang atau lebih untuk saling bertukar pendapat atau gagasannya,sehingga bisa saling mendukung dengan ketetapan yang telah di sepakati
  • gagasan
Gagasan atau opini merupakan isi pesan dari yang bentuknya beragam tergantung tujuan dan situasi atau bisa berarti juga sanggahan atau instruksi
  • menggunakan saluran personal dan impersonal
Yang di maksud menggunakan saluran personal dan impersonal adalah menggunakan media tertentu yang bisa menjangkau jutaan orang secara bersamaan
  • menggunakan simbol
Menggunakan simbol bermaksud agar mudah di pahami dan di terima oleh penerima pesan
  • pencapaian tujuan
Penetapan tujuan yang hendak di capai dan berusaha merealisasikannya dengan sebaik-baiknya

komunikasi bisnis
Komunikasi bisnis yang menjangkau orang banyak



Etika Komunikasi bisnis

Dalam kehidupan sehari-hari etika bisa di artikan tata cara atau aturan dalam melakukan sesuatu,jadi dalam kaitannya dengan komunikasi bisnis bisa di artikan sebagai serangkaian prinsip dasar atau aturan dalam melakukan komunikasi yang mencakup dari seluruh komponen individu,perusahaan,industri,dan juta masyarakat yang berkaitan dengan tata cara untuk melakukan bisnis

Sebagai contoh kasus di suatu perusahaan di terapkannya suatu model nepotisme dalam penerimaan karyawan baru,pertimbangan-pertimbangan rasional banyak di abaikan,termasuk dalam rekrutmen internal

Tentu saja ini akan menyebabkan kekecewaan terhadap karyawan yang potensial dan berdedikasi,tetapi tidak mendapat tempat karena tidak adanya komunikasi bisnis perusahaan dengan karyawannya.

Manfaat komunikasi bisnis

Setelah kita tau pengertian komunikasi bisnis pasti kita akan mengerti tentang manfaat yang di dapat dari komunikasi bisnis yang sangat berpengaruh terhadap proses dan keberlangsungan suatu bisnis yang kita jalankan.

Manfaat komunikasi bisnis ini bisa buruk ataupun baik tergantung dari etika komunikasi bisnis yang kita jalankan,jika kita ingin hasil yang baik,maka gunakanlah etika bisnis yang baik dan benar begitu juga sebaliknya.

Demikian dulu tentang pengertian dan manfaat dari komunikasi bisnis yang bisa saya jelaska,semoga bisa bermanfaat

0 Response to "Pengertian Komunikasi bisnis dan manfaatnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef